Rabu, 14 Januari 2009

Kronik Blambangan Center

10 Januari 2009, jam: 17.00 - 20.00 Wib
Gedung Juang 45, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.
Peringatan Harlah I Made Sudjana (Januari 1952 - Januari 2009)
Acara : Bedah Buku Nagari Tawon Madu karya I Made Sudjana
Sejarah Politik Blambangan pada abad XVIII
Pembicara : Drs. Choliq Nawawi (sejarawan/penulis buku Sejarah Budaya Banyuwangi), Sunarlan (antropolog/ Universitas Jember). Pembanding: Armaya.
Penyelenggara: Kokosanceria
Kontak: Sereyano (08136626267)
Email: blambangan.center@gmail.com

NAGARI TAWON MADU
Penulis I Made Sudjana
Edisi: Cet. 1.
Penerbit : Larasan-Sejarah, Kuta Bali, 2001.
Printer Description xii, 124 p. : ill., maps ; 21 cm.
ISBN 9799625009

Studi tentang sejarah Blambangan belum banyak diadakan, malahan boleh dokatakan tidak ada lecua;li sebuah karangan oleh C. Lekkerkerker yang diterbitkan oleh majalah Indische Gids pada tahun 1923. Dengan demikian penerbitan karya I Made Sudjana, Nagari Tawon Madu, ini memang sudah sangat diperlukan agar masyarakat umum mengenal sejarah daerah yang paling timur di pulau Jawa ini.

Umumnya sejarawan Indonesia hanya memilih sejarah konyemporer sebagai obyak kajiannya. Tidak banyak yang berani menjelajahi sejarah tentang abad-abad yang lalu, terutama karena sebagian besar sumbernya adalah arsip-arsip dalam bahasa Belanda. Sumber-sumber primer yang digunakan untuk menyusun buku ini ternyata sebagian besar berasal dari arsip VOC yang belum pernah dipakai sejarawan lainnya. Oleh sebab itu makin jelas lagi pentingnya penerbitan buku ini yang mengungkapkan dinamika daerah yang belum banyak dikenal masyarakat umum.

1 komentar:

  1. Saya sudah mencari buku itu di Jakarta tetapi tidak ada. Sekiranya anda tidak keberatan saya berminat membeli buku itu juga tentang seminar tentang blambangan yang diadakan tahun 19939(tahun 90an). Untuk memudahkan dapat menghubungi adik saya H.Mohammad Riza atau keponakan saya Bayu Yudisthira di jln Ciliwung 14 Banyuwangi.Tks

    BalasHapus